Hai S0Baaat...^_*

Senin, 21 November 2011

Menambah dimensi Baru Ke Slide


Sekilas Pandang
Dalam PowerPoint versi sebelumnya, kecuali jika Anda menghabiskan waktu berharga menyibukkan diri dengan grafis, Anda dapat menampilkan slide objek bernyawa dan datar.Dengan PowerPoint 2007, dan hanya beberapa klik mudah, Anda dapat menambahkan kedalaman dan peningkatan dimensi visual presentasi Anda, tanpa membuang-buang waktu.Untuk mengambil objek ke dimensi ketiga, kita akan:


  1. Buat bentuk dasar dengan mengambil keuntungan dari berbagai macam pilihan yang tersedia.
  2. Tambahkan kedalaman warna dan untuk membuatnya terpisah dari grafis 2-D yang membosankan.
  3. Terapkan dan mengkombinasikannya Efek Shape untuk lebih dramatis.

Dua dimensi benda-benda yang tidak terlalu menarik untuk dilihat, tapi kita semua menggunakan mereka karena kami tidak berpikir bahwa kita punya waktu untuk berbuat lebih baik. Bentuk tiga dimensi membuka kemungkinan tak terbatas untuk merencanakan objek yang menonjol. Untungnya, Word 2007 membuat membuat 3-D bentuk dadakan, dan kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menambahkan dimensi maksimum untuk foto Anda dengan usaha minimal. Buat bentuk dasar PowerPoint 2007 berisi sejumlah besar bentuk dasar bahwa Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.Galeri baru, yang disebut Shapes, adalah kombinasi dari PowerPoint AutoShapes dari versi sebelumnya dan sejumlah objek baru, seperti persamaan dan variasi bentuk persegi panjang. Seperti yang ditampilkan pada Gbr 1, memberikan bentuk-bentuk ini dalam 3-D benar-benar membuat mereka menonjol. Gbr 1: PowerPoint 2007 memberi Anda pilihan tak ada habisnya untuk memberikan bentuk-bentuk yang "wow". Untuk membuat bentuk tiga dimensi:








  1. Pada Ribbon, pilih tab Home lalu klik Shapes Menggambar tombol di panel untuk melihat galeri bentuk, seperti ditampilkan dalam Gbr 2.
  2. Klik pada bentuk yang Anda inginkan untuk mengaktifkannya, dan menggambar objek pada slide Anda. (Tahan tombol [Shift] key seperti yang Anda menggambar untuk membuat sebuah bentuk dengan dibatasi dimensi.)
  3. Klik Shape Menggambar Isi pada panel dan pilih sebuah warna untuk objek.
  4. Dengan bentuk yang dipilih, pilih Shape Effects | 3-D Rotasi dari panel Menggambar.Ketika Anda membawa penunjuk mouse Anda pada pilihan, PowerPoint preview masing-masing melihat. Klik untuk memilih salah satu yang Anda inginkan.

PowerPoint mengubah bentuk Anda untuk mencapai rotasi pilihan yang Anda pilih. Sekarang Anda dapat menambahkan beberapa bayangan dan tekstur objek. Terburu-buru? Klik Gaya Cepat Menggambar tombol di panel untuk melihat beberapa pilihan preset mewah dapat Anda terapkan untuk membentuk Anda dengan sekali klik. Gbr 2: Menggambar Gunakan bak untuk memasukkan dan mengedit bentuk dasar untuk slide Anda. Untuk menambah kedalaman 3-D bentuk:





  1. Dengan bentuk Anda masih dipilih, klik pada panah kecil di sudut kanan bawah dari bak Menggambar.
  2. Pada kotak dialog yang muncul, pilih 3-D Format dari kolom kiri, seperti yang ditampilkan pada Gbr 3.
  3. Dalam Depth panel, meningkatkan angka dalam kotak spin Depth. Seperti yang Anda lakukan, PowerPoint Preview pilihan Anda pada slide Anda. (Jika Anda tidak dapat melihat objek, tarik kotak dialog Shape Format untuk mengungkap hal itu.)
  4. Pilih warna dari Color Depth menu dropdown untuk mengubah sisi bentuk dan Anda mengatur mereka dari depan.
  5. Menyesuaikan opsi-opsi lain seperti yang diinginkan untuk mengubah penampilan objek.
  6. Klik Close untuk menerapkan pengaturan Anda.



Gbr 3: Tweak 3-D Anda bentuk kedalaman dan pencahayaan dengan Format panel Shape
 .Pilih media: Dengan memilih berbeda Pencahayaan Bahan dan pengaturan di panel Permukaan 3-D Format lembar, Anda mengubah cara tampaknya cahaya dipantulkan permukaan objek. Anda dapat memiliki keras, cahaya terang, yang lebih lembut, fuzzy efek, atau di antaranya. Membuat objek pop dengan Shape Effects Efek Bentuk menu pada panel Menggambar menyajikan Anda dengan pilihan preset yang membuat benda Anda tampaknya untuk memperpanjang dari permukaan slide Anda. Anda pilihan yang tersedia adalah: Bayangan. Membuat objek tampak melayang di atas slide atau tampak seolah-olah cahaya bersinar di atasnya. Refleksi. Menciptakan ilusi bahwa benda yang mengambang di air atau duduk di atas permukaan mengilap. Glow . Tambahkan cahaya yang kabur ke tepi objek, seolah-olah cahaya berwarna bersinar di belakangnya. Soft ujungnya. Gunakan pilihan ini untuk mengaburkan tepi dari objek Anda dan kirimkan sedikit keluar dari fokus. Bevels.Buat tombol mengangkat atau cekung dengan tepi yang tajam atau bulat. Menggabungkan efek untuk hasil yang bagus Beberapa dari efek ini lebih jelas bila digunakan dalam hubungannya dengan orang lain. Misalnya, efek bevel mungkin tidak akan terlihat bila Anda menerapkannya ke bentuk yang datar, tetapi menerapkan efek yang telah ditetapkan sebelumnya kemudian bevel dan Anda akan melihat grafik yang menarik yang menonjol dari yang lain.

Minggu, 20 November 2011

Apa sich dasar" Internet

DASAR-DASAR PENGGUNAAN INTERNET/INTRANET
A. Pengertian Internet dan Intranet
Beberapa pengertian internet :
  1. Internet adalah sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia di mana antara satu computer dengan computer lain di dunia dapat saling berhubungan atau berkomunikasi.
  2. Internet adalah kumpulan computer yang terhubung yang satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan yang sangat luas. Secara fisik disebut sebagai jarring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri atas titik-titik (node) yang saling berhubungan. Noda bisa berupa computer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terrestrial (kabel, serat optic, microwave, radio link) maupun satelit. Node terdiri atas pusat informasi dan database, peralatan computer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di internet.
Ada juga yang memberi pengertian ditinjau dari sisi teknis, ilmu pengetahuan dan komunikasi, yaitu :
  1. Dari sisi teknis, internet atau international networking merupakan dua komputer atau lebih yang berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (Internationl), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
  2. Dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang berupa teks, graphic audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik.
  3. Dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efisien dan efekif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh, maupun di dalam lingkungan perkantoran.
Menurut lani Sidharta (1996) walaupun secara fisik internet merupakan interkoneksi antar jaringan computer namun secara umum internet harus di pandang sebagai sumber daya informasi. Isi internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu data base atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan didunia nyata ada di internet seperti bisnis, hiburan, olahraga, politik, dan lain sebagainya
Pengertian intranet
Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1995. khoe Yao Tung (1997) mengatakan intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terkoneksi ke internet, sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan, intranet lainnya (Inaternetworking) melalui backbone internet.
Kompatibilitas intranet (sebagaimana internet) sangat tinggi terhadap sistem lainnya, sehingga mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan, dan dikonfigurasi ulang. Dukungan aplikasi, program, dan sistem operasi yang luas akibat dari popilaritas internet menjadikan intranet sebagai masa depan LAn. Keistimewaan fasilitas intranet yang tidak terdapat pada jaringan lokal (LAN) konvensional adalah :
  1. Tampilan WEB (garis, multimedia) pada sistem operasi, navigasi, aplikasi maupun databasenya.
  2. Fasilitas standar internet : surat elektronik (E-mail),transfer file (FTP), emulasi terminal jarak jauh (Telnet,Rlogin), pengendalian peralatan network jrak jauh (SMNP)
  3. Aplikasi internet yang kaya seperti search engine, mailing list, newsgroup, archive, gopher, wais dan sebagainya
  4. Script programming universal Common Gateway Interface (CGI), Perl, Visual Basic, C, dan Jave yang mendukung operasi database
  5. Dukungan integrasi database dan kompatibilitas dengan peraangkat lunak yang telah ada seperti dengan Foxpro, SQL maupun Oracle.
  6. Teknologi LAN seperti manajemen database, sistem terdistribusi, client server, sharing resource and peripheral tetap dipertahankan.
B. Sejarah Perkembangan Internet
Drew Heywood (1996) menerangkan bahwa sejarah internet bermula pada waktu akhir decade 60-an saat Departemen Pertahanan AS atau United States Departement of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi internet working. Standar yang mampu menhubungkan segala jenis computer di DoD dengan computer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman, dan tahan kerusakan, sehingga mampu beroperasi di dalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.
Tahun 1969 Advanced Research Project Agency (ARPA) dibentuk tugasnya melakukan penelitian jaringan computer mempergunakan teknologi packet switching. Jaringan pertama dibangun untuk menghubungkan 4 tempat, yaitu Stanford Research Institute (SRI), University of California at Santa Barbara (UCSB), University California at Los Angeles (UCLA)dan University of Utah (Utah). Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 host dan disebut sebagai ARPANet. ARPANet kemudian menjadi backbone internetworking, institusi pendidikan, penelitian, industri dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer (MILNet).
Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersilkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National Science Foundation (NFS) kemudian membiayai pemborongan backbone ARPANet menjadi backbone internet komersil dan dikelola oleh Avanced Network Service (ANS). Menurut Andrew S. tanenbaum (1996) andil besar dalam perwujudan internet adalah tegabungnya jaringan regional seperti SPAN (jaringan fisikan energi tinggi), BITNET (jariangan mainframe IBM), EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa Timur) dan ditambah dengan sejumlah link transatlantic yang beroperasi pada 64 Kbps-2 Mbps pada tahun 1988.
Menurut Khoe Yao Tung (1997), jaringan pendukung internet diseluruh dunia sebagai berikut :
  1. Amerika didorong oleh NFS – ANSNet dan CO+RE (jaringan nonprofit terbatas) yang bekerja sama dengan Commercial Internet Exchange (CIX) serta Sprint (perusahaan telekomunikasi umum) tahun 1990. Pengesahan RUU NREN (National Research and Education Network)oleh Kongres Amerika pada Desember 1991. Ditambah 8 aliansi jaringan regional yang tergabung dalam The Corporation for MYSERNet, SURANet dan WestNet. CoREN bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi komersial MCI.
  2. Kanada dengan jaringan backbone nasional CA*Net
  3. Australian Academic and Research Network (AARNet)
  4. The Europe Backbone (EBONE) dan The European UNIX Network (EUNet) dan RIPE organisasi jaringan e-mail Eropa
  5. Jepang memiliki Widely Integrated Distributed Environment (WIDE), Today International Science Network (TISN), Japan Academic Interuniversity Network (JAIN), dan Japan UNIX Network (JUNET), Kebanyakan bekerjasama dengan jarinngan telekomunikasi komersial AT&T perwakilan Jepang yang disebut dengan SPIN. Pelayanan lain yang bersifat internasional adalah intercom International KK (IIKK) dan internet Initiative Japan (IIJ), yang berasosiasi dengan WIDE untuk menhediakan jaringan internet di kawasan Asia, termasuk jaringan penelitian dan pendidikan untuk kawasan Asia (disponsori oleh NEC, IIJ dan WIDE) yang disebut AI3 (Asia Internet Interconnection Initiative) yang mengembangkan teknologi satelit komunikasi Ku Band
  6. Belakangan muncul ABONE (Asia Backbone) yang didirikan oleh konsorsium negara-negara diAsia seperti Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Hongkong. Interkoneksi dunia tersebut memakai jaringan serat optic antar benua berkapasitas + 45 Mbps. (T3+) dan jaringan satelit telekomunikasi.
C. TCP (Transfer Control Protocol) dan IP (Internet Protocol)
Hal yang sangat penting untuk diketahui dalam internet adalah penerapan Standar Komputasi Terbuka (Open Computing Standard). Karena internetworking dan internet mengintegrasikan semua sistem, jenis dan tipe computer yang ada di dunia, maka harus ada standar yang menjamin computer dapat saling berbicara satu sama lain dalam bahasa yang sama.
Menurut Drew Heywood (1996), standar bahasa computer universal telah dikembangkan sejak 1969, terdiri atas serangkaian protocol komunikasi disebut Transfer Control Protocol yang bertugas mengendalikan transmisi paket data, koreksi kesalahan dan kompresi data dan internet protocol yang bertugas sebagai pengenal (identifier) dan pengantar paket data ke alamat yang dituju.
Protokol TCP/IP menyatukan bahasa dank ode berbagai computer di dunia, sehingga menjadi standar utama jaringan computer. TCP/IP berkembang cepat dan kaya fasilitas karena bersifat terbuka, bebas digunakan, ditambahkan kemampuan baru oleh siapa pun dan gratis karena tidak dimiliki oleh siapa pun. Menurut Khoe Yao Tung (1996), Drew Heywood (1996), dan Adrew S. Tanenbaum (1996) fungsi utama protocol TCP/IP sebagai berikut
  1. File Transfer Protocol (FTP) yaitu fasilitas transfer file computer.
  2. Surat elektronik (E-mail) atau fasilitas surat menyurat antar computer yang terdiri atas Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) sebagai dasar komunikasi e-mail, Multi Purpose Internet Mail Extensions (MIME) yaitu standar format biner grafik, dan suara agar dapat ditransmisikan melalui e-mail, Post Office Protocol (POP) yaitu sistem penerima e-mail, Network News Transfer Protocol (NNTP) sarana pertukaran berita, artikel dan diskusi melalui e-mail.
  3. Emulasi terminal jarak jauh (Telnet, Remote Login) yang memungkinkan suatu computer (client) untuk masuk dan mengendalikan host yang terletak jauh darinya, misalnya pada network yang lain atau di internet.
  4. Simple Network Management Protocol (SMNP) yaitu protocol pengendalian peralatan network jarak jauh. Drew Heywood (1996) menyebutkan : fungsi utama itu masih diikuti dengan fasilitas Domain Name system (DNS), yaitu metode penamaan dan pengalamatan suatu network berdasarkan kelompoknya.
Sedang Andrew S. Tanenbaum (1996) memberi pengertian fungsi secara singkat : aplikasi TCP/IP menghasilkan 4 fasilitas penting : E-mail, News, Remoter Login, dan Transfer File. Semula tampilan Internet  masih berupa teks murni, revolusi terjadi ketika WEB atau World Wide Web (WWW – tampilan gratis dan multimedia di internet) diperkenalkan.
D. WEB dan HTML
Menurut Sampurna (1996), WEB adalah sekelompok kode berbasis teks yang sederhana dan universal, disebut Hypertext Markup Language (HTML). Karena berbasis teks, HTML dapat dikenali dan diterjemahkan oleh segala jenis computer dalam bentuk tampilan informasi yang sama. HTML adalah kreasi Tim Berners Lee, ilmuwan European Laboratory for Particle (CERN – organisasi penelitian 18 negara Eropa) di Geneva, Swiss. Maret 1989 Tim, memperkenalkan WEB dan HTML sebagai standar antarmuka distribusi informasi di internet yang mampu menggabungkan teks, grafik, dan multimedia dengan metode navigasi menu pada mesin UNIX.
HTML adalah bahasa kode pemrograman yang menjadi dasar bagi terwujudnya WEB. Dengan HTML seluruh sistem computer yang saling berbeda dapat mengenali format-format yang ditampilkan dalam situs-situs internet tanpa perbedaan yang berarti, termasuk di dalamnya penampilan multimedia (grafik, suara, dan citra video). HTML berbasis teks yang sangat sederhana dan praktis, sehingga dapat dipahami oleh berbagai jenis computer dalam platform sistem yang berbeda.
Dokumen HTML mengandung perintah-perintah teks yang disebut tag untuk menampilkan tulisan, gambar, warna, suara, video, animasi, serta link yang menghubungkan berbagai topic. Dengan bentuk hypertext maka halaman internet (Web Site – Kios Internet) akan dapat dibangun dengan cepat serta ditampilkan dengan cantik. Dalam konsep hypertext ini pembacaan suatu dokumen tidak harus urut namun bisa meloncat antar topic bahkan diprint maupun copy ke media penyimpan lokal (harddisk misalnya). Format hypertext juga memungkinkan pemakai mesin yang hanya bisa mengenali teks untuk mengakses dokumen dalam bentuk teks saja. Perbedaannya hanya terletak pada tidak ditampilkannya gambar, grafik, animasi, video, suara dan warna.
E. Browser WEB
Atas bantuan National Center for Supercomputing Applications (NCSA), Mei 1993 standar ini diwujudkan dalam bentuk software yang disebut MOSAIC, MOSAIC adalah browser pertama WEB dan diaplikasikan multiplatform UNIX, NeXT, Windows, dan Macintosh. Browser adalah program penterjemah HTML menjadi tampilan WEB (teks, grafis dan multimedia) di layer computer pemakai. Creator MOSAIC adalah Mark Andreesen, pada tahun 1994 bergabung dengan Jim Clark, yaitu salah seorang pendiri Silicon Graphics. Mereka kemudian membuat browser WEB komersial pertama, yaitu Netscape Navigator yang dengan segera menggeser popularitas MOSAIC. Hingga saat ini Netscape adalah browser paling popular dan menjadi pelopor di bidangnya.
F. Fasilitas di Internet
  1. World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan HTML (Hypertext Markup Language).
2. Search Engine
Sebuah search engine adalah host yang berisi koleksi daftar alamat internet yang telah ditata sedemikian rupa menurut indeks dan kategori topic tertentu. Pemakai layanan ini dapat mencari alamat, topic, dan informasi yang diinginkannya di seluruh internet hanya dalam waktu beberapa saat saja. Syaratnya hanya mengisikan sebuah atau beberapa kata, frase maupun kalimat kunci (keyword) mengenai informasi yang dicarinya tersebut.
3. Electronic Mail (E-mail)
Aplikasi internet untuk sarana surat menyurat dalam bentuk elektronik.
4. Mailing List atau Milis
Mailing list adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai diskusi atau bertukar informasi dalams atu kelompok melalui email. Setiap email akan dikirim ke alamat milis lalu dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
5. Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya dalam sebuah forum. Biasanya forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan untuk membahas topic-topik tertentu.
6. Bulletin Board System atau BBS
BBS adalah tempat menyimpan pesan atau file yang sesuai dengan topic yang sudah ditentukan. Terdapat ribuan BBS di seluruh dunia. Setiap BBS memiliki seorang “Administrator”. Untuk memanfaatkan BBS, seorang individu bisa menghubunginya melalui Telnet dan memilih dari sistem menu.
7. Telnet
Fasilitas ini digunakan untuk masuk ke sistem computer tertentu dan bekerja pada sistem computer yang lain. telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai IP address dari computer yang diakses serta mempunyai hak akses (User ID dan password).
8. Cathing
Fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet.
9.  File Tranfer Protokol (FTP)
Fasilitas ini digunakan untuk mengambil arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu computer ke computer lain di internet.
10.  Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi, menempatkan informasi yang disimpan pada internet server dengan menggunakan hierarki menu serta mengambil informasi tersebut.
11.  PING (Packet Internet Gopher)
Digunakan untuk mengetahui apakah computer yang kita gunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan computer lain di internet.
Dari aplikasi-aplikasi di atas, kita dapat mengetahui kegunaan internet di antaranya sebagai berikut :
  1. Sarana untuk mendapatkan data dan menyampaikan informasi dengan cepat dan murah.
  2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi.
  3. Sebagai media promosi
  4. Sarana komunikasi yang efektif
  5. Sebagai alat research and development.
  6. Sarana untuk mempertukarkan data.
G. Keunggulan dan Kelemahan Internet
Berbagai keunggulan yang dapat diperoleh dalam internet sebagai sarana pendukung kebutuhan masyarakat, khususnya dalam riset dan bisnis. Keunggulan tersebut antara lain :
  1. Konektivitas dan jangkauan global
Dalam internet jaringan yang terjalin bersifat global tanpa mengenal ruang, waktu dan birokrasi, di mana akses data dan informasi melampaui batas-batas negara dan protokoler. Misalnya kalian membutuhkan referensi dan sumber informasi untuk kebutuhan riset, maka akan dijumpai berbagai sumber dan informasi dalam internet secara global tanpa harus mendatangi sumber dan informasi tersebut. Di samping itu apabila kalian pelaku bisnis dan akan menginformasikan produk kalian, maka di internetlah sebagai salah satu bentuk promosi kepada pengguna di seluruh dunia. Pendek kata hampir seluruh kebutuhan informasi tersedia di internet dengan jangkauan global tanpa batas-batas negara.
2. Akses 24 jam
Akses di internet tidak dibatasi dengan waktu, karena di mana pun dan kapan pun dunia maya (akses internet) tidak pernah terlelap tidur. Perbedaan zone waktu dan ruang tidak dikenal dalam menjelajah internet. Misalnya kamu akses internet pada malam hari, maka di belahan dunia lain (misalnya Afrika dan Amerika) sedang giat-giatnya bekerja, demikian juga sebaliknya.
3. Kecepatan
Kecepatan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di internet menjadi salah satu pertimbangan dengan pencarian secara manual. Kamu tinggal klik pada sala satu icon dan tunggu beberapa saat, maka informasi tersebut sudah kamu dapatkan.
4. Interaktivitas dan fleksibilitas
Dalam dunia internet komunikasi dengan pengguna di belahan dunia, dapat kamu lakukan tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi yang kamu lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas chatting. Di samping itu kamu dapat mengikuti informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat dikomunikasikan dengan pengguna lain.
Di samping keunggulan seperti tersebut di atas, internet juga mempunyai kelemahan. Kelemahan tersebut tergantung dari sudut pandang setiap pengguna dan bersifat relatif. Kelemahan tersebut antara lain sebagai berikut :
5. Ancaraman virus
Salah satu masalah dalam dunia internet adalah ancaman virus yang selalu berkembang seiring perkembangan dunia computer maupun perkembangan internet itu sendiri. Berbagai virus telah berkembang dan penyebarannya pun bervariatif, khususnya menyebar lewat jaringan global internet, baik lewat e-mail maupun file-file yang didownload.
6.  Ketergantungan pada jaringan telepon, satelit dan internet service
provider.
Fasilitas jaringan telepon, bahkan satelit serta ISP menjadi sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian internet. Apabila kamu akses internet dial-up, maka kenaikan tariff pulsa telepon dan ISP menjadi pengaruh yang cukup kuat terhadap akses internet. Selain itu slauran telepon di Indonesia masih relative lambat, yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap waktu akses internet dan biaya akan lebih mahal. Di samping itu terbatasnya bandwich sistem transmisi yang disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang akses internet dalam waktu bersamaan akan mempengaruhi akses internet.
H. Manfaat Internet dalam Dunia Pendidikan
1.  Internet ke sumber informasi
Sebelum adanya internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang tidak murah. Buku-buku dan journal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Hal itu menyebabkan banyak tempat di berbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap.  Adanya internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi. Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidan apa pun yang kamu minati, pasti ada informasi di internet. Contoh-contoh sumber informasi yang tersedia secara online antara lain :
  1. Library
  2. Online Journal]
  3. Online courses
Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat disbanding dengan tempat lain. Adanya internet merupakan salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini.
2. Akses ke pakar
Internet menghilangkan batas ruang dan waktu, sehingga memungkinkan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Seorang siswa di Makasar dapat berkonsultasi dengan dosen di Bandung atau bahkan di Palo Alto, Amerika Serikat.
3.  Media kerja sama
Kolaborasi atau kerja sama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah, efisien dan lebih murah.
Faktor- Faktor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh :
  1. Institusi penyelengara, menyediakan dana , peralatan dan SDMuntuk penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh.
  2. Pengajar, memiliki kemampuan teknis internet dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi keberhasilan proses belajar mengajar.
  3. Siswa, memiliki komitment untuk belajar secara proaktif.
  4. Teknologi, sebagai sarana untuk keberhasilan proses belajar mengajar jarka jauh.
I. Permasalah Internet dalam Dunia Pendidikan
Penjabaran di atas tentunya membawa kita pada pertanyaan mengapa kita belum banyak menggunakan internet untuk keperluan pendidikan di Indonesia. Ada beberapa alas an, antara lain sebagai berikut :
  1. Kurangnya penguasaan bahasa Inggris
Suka atau tidak suka, sebagian besar informasi di internet tersedia dalam Bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu keunggulan (advantage).
2. Kurangnya sumber informasi dalam bahasa Indonesia
Kita sadari bahwa tidak semua orang Indonesia akan belajar bahasa Inggris. Untuk itu sumber informasi dalam bahasa Indonesia harus tersedia. Saat ini belum banyak sumber informasi pendidikan yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Konsep berbagi (sharing), misalnya dengan membuat materi-materi pendidikan di internet, belum merasuk. Inisiatif langka seperti ini sudah ada namun masih kurang banyak.
Contohnya : untukmu Indonesia http://untukmu.Indonesiaforum.org
3.  Akses internet masih mahal
Meskipun sudah tersedia, akses ke internet masih mahal. Namun hal diharapkan lebih murah di masa yang akan datang. Diharapkan akselerasi penurunan harga menajdi focus utama dari pemerintah. Mekanisme lain adalah adanya subsidi dari pemerintah untuk institusi pendidikan.
4. Akses internet masih susah diperoleh
Berapa daerah di Indonesia masih belum memiliki jalur telepon yang dapat digunakan untuk mengakses internet.
5. Guru belum siap
Guru di Indonesia masih belum siap untuk menggunakan internet sebagai bagian dari pengajarannya. Padahal guru merupakan salah satu pengguna yang dapat memanfaatkan internet sebaik-baiknya. Salah satu contohnya adalah mencari soal-soal latihan untuk kelasnya. Jika setiap guru di Indonesia membuat dua soal dan menyimpannya di internet, maka akan ada ribuan bahkan bisa jutaan soal yang dapat digunakan untuk latihan di kelas.
Manfaat dalam bisnis (internet baking)
Internet banking adalah layanan/transaksi perbankan (pengecekan saldo, transfer uang dan pembayaran tagihan) yang dilakukan dengan menggunakan internet melalui situs web yang disediakan oleh bank.
Adapun untuk transaksi penarikan atau penyetoran uang harus dilakukan melauio ATM atau kasir bank.
Bank yang sukses pertama kali menerapkan internet banking adalah Bank BCA.
Keuntungan pengguna internet Banking
Pihak Bank
  1. Jumlah nasabah yang dating ke bank makin sedikit, karena nasbah melakukan transaksi di intrenet.
  2. Mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk mengaji pegawai dan sewa kantor karena jumlah pegawai yang harus melayani nasabah dapat dikurangi dan luas kantor yang harus disediakan menjadi kecil.
  3. Bank dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dari mana saja dan dimana saja (asal terkoneksi internet)
Pihak Nasabah
  1. Dari segi waktu telah menghemat waktu nasabah, dimana nasabah bank tidak perlu dating ke bank untuk melakukan transaksi
  2. Nasabah mendapt keleluasaan dan kemudahan melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja.
  3. Berkurangnya biaya untuk trsansaksi.
Manfaat Internet dalam perdagangan
Electronic Commerce (E-Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet.
Keuntungan E-Commerce
Bagi pihak perusahaan
  1. Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang.
  2. Perusahaan dapat menjangkau pasar yang luas
  3. Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi
  4. Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi karena perusahaan tidak perlu menyediakan took besar dan pegawai yang banyak.
  5. Harga barang dapt dijual dengan harga murah dan barang lebih banyak laku.
Bagi Pihak Konsumen
a. Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup melalui internet
b. Dapat memilih banyak barang dari banyak perusahaan online

Kamis, 17 November 2011

Dasar_dasar Power Point

Dasar-dasar Power Point 2007 - Presentation Transcript

  1. Dasar-dasar PowerPoint 2007
    Please enjoy the new experience with Mr. Inspiration
    PEKAN BERBAGI ILMU
  2. PowerPoint 2007
    This presentation demonstrates the new capabilities of PowerPoint through examples. You can view it in Slide Show or by browsing through the slides in Normal View. These slides are designed to give you great ideas for the presentations you’ll create in PowerPoint 2007!
  3. Text, Graphics & Pictures
  4. Superior Text
    Soft Shadow
    Text in PowerPoint 2007 has learned new tricks. There are handy features like strikethrough and advanced features like character spacing control. And you’ll look your best with soft shadows and the ability to put “WordArt” styles right onto your slide text.
    Effects
    Kerning
    CharacterSpacing
    Styled Underline
    Strikethrough
  5. The Power of OfficeArt Graphics
    Make a statement with great looking graphics. PowerPoint makes it easy to produce visuals that used to require multiple applications to accomplish. Easily apply soft shadows, reflections, glows, bevels, 3D and more!
    Soft Shadow
    Reflection
    Bevel
    3D
  6. Picture This…
    You can do a lot more with pictures in PowerPoint 2007. Easily recolor pictures or change the shape of their frame. And all of OfficeArt’s effects can be applied to a picture – even 3D!
  7. SmartArt
  8. Visualize It!
    SmartArt turns your bullet points into graphics in a single click. You can even change your graphic layout to find just the right way to express your idea. 


  9. Themes & Quick Styles
  10. Get Coordinated with Themes!
    Office Themes give you effortless coordination of the colors, fonts and graphic effects applied to your presentation. Everything you insert into your presentation will be automatically styled to match. 
  11. Word and Excel, too!
    PowerPoint now shares a common set of “Office Themes” with Word and Excel so you can create documents and spreadsheets that match your presentation for a “branded” look.
  12. Mix It Up!
    Office Themes are infinitely customizable. You can mix and match the colors, fonts and effects from different themes. 
  13. Quick Styles
    There is a spectrum of designer styles for every chart, diagram, table or picture you add to your presentation. In a single click you can go from understated to wow or anywhere in between.
  14. New Layouts
  15. Slide Perfect!
    PowerPoint has new layouts that give you more ways to present your words, images and media. 
    Everything you add into the layout placeholders is arranged perfectly for you.
  16. Arrange it Your Way
    With custom layouts you design your own slide arrangements. You can create new kinds of documents with PowerPoint. Easily create everything from business pitchbooks to family photo albums.

Dasar_ dasar Internet

Jaringan Internet

Internet merupakan jaringan rangkaian komputer dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia diseluruh dunia. Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230. Dengan ber INTERNET kita dapat memperoleh berbagai informasi apa saja dimana saja dan kapan saja [ no limit, anywhere and anytime ]. Anda tinggal ke search engine Dunia seperti Yahoo dan google. Ketik kalimat yang Anda ingin cari maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut. Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 

Berbagai Jenis Koneksi internet pada umumnya

  • Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider. max Kecepatan 56kbps.
  • Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider untuk 24 jam online [ no limit ]. kecepatan mulai dari 64kbps - 256kbps.
  • ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet dengan sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512kbps.
  • HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kbps - 2Mbps.

Jaringan Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan yag dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalam nya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan teknoogi komunikas data. Intranet juga menggunakan protokol TCP/IP. Protokol ini memungkikan suatu komputer mengirimdan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun. Intranet berkembang pesat di Amerika – Netscape (13/11/1995) melaporkan bahwa sebagian besar penjualan server ke perusahaan di amerika di gunakan untuk intranet. Di Indonesia intranet telah digunakan oleh beberapa perusahaan walaupun, terbatas pada perusahaan komputer, dan indstri besar lainnya.
Komponen pembentuk intranet
Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:
  1. aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)
  2. komputer server
  3. perangkat jaringan
  4. protokol TCP/IP
  5. bahasa pemrograman (html, php, mysql , dll)
  6. komputer client
  7. perangkat bantu pengembang
yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).